Puskesmas Sidoharjo Sragen Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Anggota Komisi IV, Ir. Naniek Budhidarmawati menekankan pentingnya 5 dimensi pelayanan

Please follow and like us:
Pin Share

idNews.id Sragen, 13/10/ 2025 – Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan primer, Puskesmas Sidoharjo, Sragen, terus melakukan berbagai inovasi dan perbaikan sistem pelayanan demi memenuhi kebutuhan masyarakat yang cepat, ramah, dan profesional.

Pertemuan yang juga dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sragen, Ir Naniek Budidharmawati, beliau menjelaskan dalam pelayanan ada lima aspek yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan secara optimal, paparnya, Kualitas Pelayanan prima akan tercapai jika memperhatikan aspek tangibel (bukti fisik) Reability (keandalan) Responsive (daya tanggap) insurance ( jaminan) dan emphaty (empati).

Salah satu fokus utama adalah peningkatan mutu layanan berbasis akreditasi, digitalisasi administrasi, serta penguatan peran promosi dan preventif. Berbagai pelatihan internal telah dilakukan, termasuk bimbingan teknis pelayanan prima, manajemen risiko, hingga peningkatan kapasitas tenaga kesehatan.

“Kami ingin menjadikan Puskesmas bukan hanya tempat berobat, tetapi juga pusat edukasi dan penjaga kesehatan masyarakat,” ujar Kepala Puskesmas Sidoharjo.

Adapun langkah nyata yang sudah dijalankan antara lain Penerapan sistem antrian elektronik dan rekam medis digital, Penyediaan loket khusus lansia dan ibu hamil, Peningkatan layanan kunjungan rumah untuk pasien tidak mampu, Penguatan Posyandu, UKBM, dan promosi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
PINTEREST
LINKEDIN
INSTAGRAM
URL has been copied successfully!